Rifky MAN Assalamualaikum wr.wb.
Selamat datang di blog saya
Sepak bola hanyalah sebuah permainan
Terima kasih atas kunjungannya

Sabtu, 23 November 2013

Maskot Piala Dunia



Di setiap ajang piala dunia pasti ada sebuah maskot untuk menggambarkan perayaan turnamen 4 tahunan ini. Berikut ini adalah maskot yang dipakai dalam Piala Dunia:

1. Piala Dunia 2006 - Jerman

Maskot resmi Piala Dunia edisi kali ini dinamai "Goleo" dan "Pille". Goleo digambarkan sebagai seekor singa, yang mengenakan kaos tim nasional Jerman berwarna putih, dengan nomor pemain "06" yang tertulis di sisi depan dan belakang kaos. Angka 06 merupakan angka tahun penyelenggaraan turnamen, yakni tahun 2006. Goleo hanya mengenakan kaos, tanpa memakai celana dan kaos kaki, namun mengenakan sepatu sepak bola berwarna hitam. Sementara, "Pille" digambarkan sebagai sebuah bola yang dapat berbicara. Goleo dan Pille digambarkan selalu tampil bersama.

2. Piala Dunia 2010 – Afrika Selatan

Maskot resmi dari turnamen edisi ini adalah Zakumi. Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning, dengan rambut "nyentrik" berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan "South Africa 2010", dan celana pendek berwarna hijau, dan tengah memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afrika Selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010. Nama Zakumi berasal dari kata "Za", yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.

3. Piala Dunia 2014 – Brazil

Resmi sudah apa nama yang dipilih FIFA untuk maskot Piala Dunia 2014. Nama tersebut adalah Fuleco, yang merupakan akronim dari kata 'futebol' (sepakbola dalam bahasa Brasil) dan 'ecologia' (ekologi). Nama "Fuleco" dinilai sejalan dengan tema besar FIFA dalam Piala Dunia 2014 tentang kesadaran akan lingkungan. Dalam sebuah jaring pendapat, FIFA menyebutkan, 90% persen masyarakat Brasil juga setuju dengan pemilihan tema tersebut dan karakter "Fuleco" pun juga dinilai sangat cocok dengan tema lingkungan.

"Fuleco" sendiri sejatinya adalah seekor armadillo (Tolypeutes tricinctus) atau sejenis trenggiling yang sudah terhitung langka dan hidup di wilayah benua Amerika. Di Brasil, Armadillo hidup di daerah kering bagian timur laut dan terancam punah karena habitatnya rusak.

Kini giliran "Fuleco" yang hadir sebagai maskot dalam turnamen sepakbola sejagat empat tahunan tersebut.

Sumber    : Wikipedia dan Sport.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar